top of page
Search
  • Writer's pictureKelompok Jatinangor

5 Tips Menghindari Penculikan Anak


Pada KJ21 membagikan informasi 5 Tips Menghindari Penculikan Anak yang dapat diimplementasikan dalam kegiatan sehari-hari.

5 Tips Menghindari Penculikan Anak, yaitu :

· Awasi ketika anak bertemu orang asing

Perbolehkan anak untuk bersosialisasi dengan orang baru, tapi tetap awasi mereka, ya!

· Ajari anak untuk berani berkata "Tidak"

Anak perlu mengetahui dan paham bahwa ia punya hak untuk berkata "Tidak" saat ditawari sesuatu atau diajak pergi ke tempat asing oleh orang yang tidak dikenal. Selain berkata "Tidak", ajari juga anak untuk memiliki pertahanan diri, seperti berteriak minta tolong, menggigit, menendang, atau mencakar saat dipaksa ikut dengan orang asing.

· Manfaatkan Teknologi

Di zaman serba mudah ini, sudah banyak alat pelacak dan gadget yang bisa diaplikasikan untuk menjaga anak - anak. Sangat disarankan untuk orang dewasa mulai menggunakan dan memanfaatkannya demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

· Kenalkan konsep jarak aman

Tanamkan pada anak, bahwa mereka tidak wajib menjawab pertanyaan dari orang asing. Mereka juga perlu menjaga jarak secara fisik ketika berdiri di dekat orang asing, minimal 3 langkah. Selain itu, anak juga harus menghindar saat bertemu dengan orang asing di tempat yang sepi dan gelap.

· Saat anak sendirian di rumah...

Tinggalkan pintu dengan kondisi terkunci. Beri tahu anak agar tidak membukakan pintu ketika ada tamu yang tidak dikenal. Hubungi kerabat yang berada tidak jauh dari rumah untuk mempertemukan langsung anak saat di tinggal.

· Tips yang terakhir dan sangat penting adalah, sebagai orang tua, seringlah ajak anak untuk mengobrol agar anak bisa terbuka pada orang tua. Pancing anak untuk bercerita tentang hal-hal yang mereka lalui dan berikan respon yang baik agar anak bisa lebih terbuka. Itulah tips untuk menghindari penculikan anak yang marak terjadi. Yuk, pantau terus kegiatan anak-anak agar hal-hal buruk tidak terjadi.

1 view0 comments

Recent Posts

See All

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page